Thursday, January 31, 2013

Berputar Kembali

Di desktop komputer adikku terpampang gambar perahu kertas akibat tergila-gilanya dia sama perahu kertasnya mbak @deelestari itu. Bukan tentang gambarnya, tapi tentang tulisan di dalamnya. “Berputar menjadi sesuatu yang bukan kita demi menjadi diri kita lagi”. Aku sedikit banyak tahu, mungkin agak sok tahu, kenapa gambar itu terpampang di sana. Adikku seorang mahasiswi angkatan 2012 jurusan S1 Akuntansi Universitas Gajah Mada (UGM), yang enggak (belum) pinter akuntansi :p. Terus gimana dong, gak pinter akuntansi tapi bisa sekolah jurusan akuntansi UGM? Yak, jawaban dia bisa masuk akuntansi UGM itu karena dia enggak diterima di Teknik Kimia UGM. Hehe,, v^_^ (Lagi pula kalo udah pinter akuntansi ngapain sekolah akuntansi?)



Flash back 6 tahun lalu, saat-saat dimana aku lagi bingung mau kuliah dimana. Waktu itu aku kelas 3 SMA bulan Januari 2007,  udah ada beberapa universitas yang buka ujian masuk lokal. Atas bujuk rayu sang pacar (labil ya?) yang sekarang sudah menjadi mantan, aku ikut Seleksi Penerimaan Mahasiswa UNNES (SPMU) karena dia juga ikut (biar enggak LDR ceritanya). Nah, tinggal bingung tuh mau pilih jurusan apa. Aku suka pelajaran Fisika dan sempet mikir jadi psikolog kayaknya enak. Udah mau milih kedua jurusan itu, eh si ibunda tercintah tiba-tiba nyelonong masuk kamar dan mergokin aku lagi ngisi formulir. “Guru fisika itu cuma ada di SMP sama SMA/SMK yang ada jurusan IPAnya. Lapangan kerjanya sempit. Kalo ambil psikologi, ntar kamu mau jadi apa?!!” (hampir tak jawab mau jadi ibu rumah tangga kayak sampeyan. *Hush, saru Del!). Akhirnya pilihan pertama yang tercantum di formulir adalah S1 Pendidikan MateMATIka dan pilihan kedua S1 Pendidikan Bahasa Inggris. Jadi, kenapa aku kuliah di jurusan pendidikan Bahasa Inggris? Yak, benar! Karena enggak diterima di jurusan pendidikan mateMATIka. Sumpah deh, sempet frustasi. Kemampuan berbahasaku tuh minim. Kalo tulisan sih, mending ya? (iya, nggak?) Tapi verbalku jelek. Sampai dijuluki “The Silent Girl” sama temen-temen karena aku pendiam. Soalnya kalo aku ngomong, suka belibet. Mikirnya lama, baru selese mikir, udah ganti topik. Ditambah habis putus pacar (o ya, mantanku itu ternyata enggak diterima di UNNES. Yes!!), terus pacaran lagi sih, tapi LDR! 2 tahun pula (terus putus lagi). Tapi nyatanya sekarang aku masih hidup. Bisa lulus dalam waktu 4 tahun. (Mungkin karena gak betah kuliah ya?). Bisa jadi guru (entah ya, kualitasnya :p). Sekarang, aku lagi mencoba berputar kembali. Atau lebih tepatnya memutar apa yang udah aku capai sekarang untuk aku gunakan sebagai jembatan mencapai apa yang aku inginkan dulu.

 
Untuk adikku, @AfrindaSwastika, bapak ibu memang seperti itu (seperti apa?). Kamu mending, dulu boleh sekolah di SMA yang kamu suka. Boleh kuliah di Jogja. (Dulu aku sempet gak boleh kuliah selain di UNSOED –Universitas Jendral Soedirman). Nanti bakal ketemu jalannya kok! (Walaupun sampai sekarang aku juga belum nemu jalanku sih..) -,-a
For your information ya, sista... Tapi jangan bilang ke bapak atau ibu. Kecuali kalo ditanya (gak mungkin ditanya sih..kecuali di akhirat). Dulu aku kan dipaksa sama bapak ibu ikut ujian masuk UNSOED. Aku emang ikut, tapi nggak aku isi lembar jawabnya. Saking penginnya jauh dari rumah. He,, Oh iya, jangan bilang Alya dulu sebelum dia masuk kuliah, takutnya ntar dia ikut-ikutan. Love you :-*

NB: makasih untuk mbak @andhinayyu sama mbak @nitnotneeta yang udah ngenalin aku sama Semarang. Seru! 

Dan untuk kamu. Iya, kamu. Selesaikan dulu apa yang ada di prioritas utamamu. Kamu selalu bisa berputar kembali dan aku akan selalu mendukungmu. Seperti katamu, jika kesempatan cuma sekali, maka tidak akan ada permainan monopoli di dunia ini ^_^

2 comments:

  1. sudah kuduga tes unsoed mu kui asal melu -___-
    aku masuk sma clp jg terpaksa kok *gara-gara bapak males nganter aku daftar SMA, so aku ngikut temenku*
    masuk akuntansi jg terpaksa *gara-gara bapak ibu dikompori pakdhe sinin*
    tp ini memang hidup, harus jd orang lain dulu biar nanti bisa jadi diri sendiri seutuhnya hahaha

    ReplyDelete
  2. Wakakakak... aku baru baca. :D Ya, bwgitulah hidup... hahaha... Ayo, jalan2 keliling dunia! :D

    ReplyDelete