Thursday, October 17, 2013

Pain for Beauty

Cantik itu apa? Bagaimana? Rambut panjang dengan ikal di ujung, wajah tirus, lesung pipi, leher jenjang, ketiak putih, kaki jenjang, dan kuku diatur rapi sepanjang 3 mm? Berbagai hal sepertinya dilakukan untuk mencapai arah tersebut. Rebonding/smoothing, blow sana-sini, pakai make up tebal plus shading pipi, pakai blouse dengan potongan leher rendah, waxing di beberapa bagian tubuh, pakai high heels atau wedges, hingga pedicure dan manicure. Teringat waktu itu di candi ke lima Gedong Songo, ada perempuan yang memakai wedges yang terlihat berat kesulitan menuruni jalan setapak yang akhirnya melepas alas kakinya dan rela berkotor-kotor menginjak kotoran kuda setelah lelaki yang bersamanya menyerah untuk menggendong di punggungnya.

"Pain for Beauty" Kalimat tersebut tercetus dari kisah asli Cinderella yang ketika itu para saudara tiri harus memotong jarinya atau melindaskan kakinya ke gerobak agar kaki mereka bisa muat memakai sepatu kaca. 



Dengan ini, aku yang punya rambut lurus kaku memerah, pipi tembem tanpa lesung pipi, dada dan pantat rata serta kaki yang selalu kram jika terlalu lama memakai sepatu hak tinggi berikrar menganggapmu sebagai yang terindah....

....meskipun bagimu dia-lah yang tercantik.

No comments:

Post a Comment